Langsung ke konten utama

ROUND-ROBIN TOURNAMENT

Round-Robin Tournament merupakan sistem tournament di mana setiap pemain akan bertanding melawan setiap pemain lainnya. Jika masing-masing melawan sekali, dinamakan "single round-robin", sedangkan jika melawannya dua kali, maka dinamakan "double round-robin". Sistem double sendiri jarang digunakan, karena memakan waktu.

Sistem round-robin dengan 4 pemain sering disebut juga "quad". Istilah round-robin sendiri diturunkan dari bahasa Perancis "ruban", yang berarti "ribbon", namun entah mengapa istilah itu sekarang berubah menjadi Robin, yang sesungguhnya tidak ada sangkut pautnya dengan Robin Hood. Nama turnamen berasal dari interpretasi grafik seperti itu sebagai hasil dari turnamen round-robin di mana setiap pemain bertemu setiap pemain lainnya tepat sekali, dan di mana tidak ada hasil imbang. Dalam digraf turnamen, simpul sesuai dengan pemain. Tepi antara masing-masing pasangan pemain berorientasi dari pemenang ke yang kalah. Jika pemain a pemain ketukan  b, maka dikatakan bahwa a mendominasi b. Jika setiap pemain mengalahkan jumlah pemain lain yang sama (indegree = outdegree), turnamen disebut reguler.

Contoh turnamen 4 orang :


                                                                 

contoh jadwal Single Round-robin dengan 8 team:

Round 1

Team 1 vs Team 7
Team 2 vs Team 6
Team 3 vs Team 5
Team 4 vs Team 8

Round 2

Team 1 vs Team 8
Team 2 vs Team 7
Team 3 vs Team 6
Team 4 vs Team 5

Round 3

Team 1 vs Team 2
Team 3 vs Team 7
Team 4 vs Team 6
Team 5 vs Team 8

Round 4

Team 1 vs Team 3
Team 2 vs Team 8
Team 4 vs Team 7
Team 5 vs Team 6

____

Round 5

Team 1 vs Team 4
Team 2 vs Team 3
Team 5 vs Team 7
Team 6 vs Team 8

Round 6

Team 1 vs Team 5
Team 2 vs Team 4
Team 3 vs Team 8
Team 6 vs Team 7

Round 7

Team 1 vs Team 6
Team 2 vs Team 5
Team 3 vs Team 4
Team 7 vs Team 8

Sistem ini mengusahakan agar round yang digunakan adalah seminimum mungkin. Terlihat bahwa jika ada 8 team, maka round yang dibutuhkan cukup 7 round di mana setiap round-nya terdapat 4 pertandingan. Jadi, total pertandingannya adalah 28.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gambar graf sistem pertandingan ½ kom petisi (round-robin tournaments) yang diikuti oleh 5 tim.

Rumus :  Penyelesaian : JP = n(n-1)/2     = 5(5-1)/2     = 10 gambar graf :
Landasan Teori, Metodologi Penelitian Landasan Teori, Metodologi Penelitian Kumpulan landasan teori & metodologi penelitian by. Salman Paludi Pages Home TENTANG PENULIS DAFTAR PENELITIAN PENGABDIAN MASYARAKAT Friday, February 15, 2019 Pengertian Suasana dan Dekorasi Suasana Suasana restoran harus berinovasi dan kreatif untuk menciptakan rasa nyaman kepada pelanggan saat menyantap makanan dan minuman. Suasana merupakan elemen yang juga penting untuk diperhatikan guna menarik minat berkunjung dari para pelanggan. Menurut Mill (2001) Suasana adalah perasaan hati yang telah di set dalam sebuah Restoran. Secara signifikan suasana yang suram dapat menambah atau mengurangi kenikmatan makanan dari pengalaman makan. Pada p